Ratusan Mobil Hias, Meriahkan Karnaval Pembangunan Banyumas 2024

Laporan jurnalis FJ








Banyumas, Faktajurnal.com - Sedikitnya 121 peserta dan 300 san lebih mobil hias turut hadir dalam event karnaval pembangunan. Ribuan warga Banyumas menyapa, hingga  memadati ruas jalan yang dilalui kendaraan peserta karnaval pembangunan Banyumas 2024, pada Sabtu (7/9/2024) siang. 

Karnaval Pembangunan tersebut, digelar oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas yang merupakan puncak rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke 79, sedangkan panitia telah menyediakan 6 hadiah untuk para peserta. 

Adapun para peserta akan mendapatkan penilaian dari Panitia diantaranya tentang :  kreativitas, kerapihan hingga ketertiban selama dalam mengikuti karnaval.



Terpantau awak media, jumlah peserta karnaval tahun 2024 ini lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya. Karnaval pembangunan dimulai pukul 14.00 wib, dengan mengambil star dari Kawasan Madang Maning Park Jalan Bung Karno diteruskan menuju Jalan Jend. Soedirman. 

Selanjutnya menyusuri Jalan Masjid - Jalan Gatot Subroto - Jalan Komisaris Bambang Soeprapto, Jalan MT Haryono (Pasar Wage) dan kembali ke Jalan Jenderal Soedirman, sedangkan panggung kehormatan di depan kantor DAOP V (PJKA) Purwokerto, finish di Menara Teratai.

Terlihat Iring - iringan kendaraan mobil hias peserta karnaval pembangunan 2024, mobil dengan nomor peserta 49, adalah mobil dari Bangkesbangpol Banyumas, menyusul dibelakangnya mobil hias dari Forum Banyumas Eling (FBE).

FBE dibawah binaan Bangkesbangpol Kabupaten Banyumas, merupakan Forum Public dan Civil Society yang mendukung Persatuan dan Kesatuan NKRI serta bermitra dengan Pemerintah Daerah untuk mengisi ruang-ruang layanan yang belum terakomodir.



Yudo F Sudiro menyebutkan, kali ini Mobil FBE yang dihiasi replika rumah joglo beratap genteng, merupakan sanepo sebuah rumah Jawa, tempatnya untuk bermukim dan berteduhnya seluruh ormas yang ada di wilayah Kabupaten Banyumas. 

Hal itu disampaikan oleh Yudo F Sudiro selaku Ketua FBE Kabupaten Banyumas  kepada awak media, dilokasi sebelum start karnaval pembangunan 2024 dimulai. 

Ia juga menjelaskan FBE komitmen "Siap sukseskan PILKADA 2024 Gubernur Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati", 

"Jangan lupa datang ke TPS pilih pemimpin yang mau dan mampu bekerja, untuk kesejahteraan rakyat Banyumas, mari kita wujudkan "Pemilu aman, nyaman dan Kondusif," pungkas Yudo F Sudiro. (Djarmanto-YF2DOI).