Tingkatkan Takwa dalam Memaknai Budaya, Desa Klumprit Cilacap, Gelar Tasyakuran

Laporan : Jurnalis FJ

Cilacap (Faktajurnal.com) - Desa Klumprit, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, kembali menyelenggarakan acara Tasyakuran tahunan dengan mengambil tajuk "Meningkatkan Takwa dalam Memaknai Budaya"bertempat di Pendopo Balai Rakyat desa Klumprit, pada Kamis (12/7/2024) malam. 

Acara yang sangat meriah tersebut, dihadiri dari berbagai kalangan masyarakat, mereka berkumpul dalam kegiatan keagamaan bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan takwa melalui pengajian. 

Ketua Panitia, Lujianto menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh warga masyarakat Desa Klumprit, dan memohon maaf karena kurangnya sosialisasi, serta tidak tersampaikan secara penuh. 

Kegiatan diawali dengan tahlil dan yasin yang dipimpin oleh Kyai Hisam Musa, para hadirin yang mengikuti dengan khusyuk dan khidmat dalam rangkaian doa serta dzikir. Tahlil dan Yasin ini merupakan bentuk penghormatan dan doa bersama untuk para leluhur dan seluruh warga Desa Klumprit.

Dikesempatan itu, Kepala Desa Klumprit, Tohirin, menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh warga masyarakat Desa Klumprit dan para pihak yang turut serta berpartisipasi dalam acara ini. Karena kegiatan ini juga merupakan pesan tentang pentingnya silaturahmi. 



"Karena dengan silaturahmi yang kuat, kita dapat saling membantu dan mendukung dalam berbagai aspek kehidupan, tentu dalam kebaikan," ujar Tohirin pada Kamis  (11/7/2024) malam. 

Kades Tohirin juga menekankan tentang pentingnya memaknai budaya dan tradisi sebagai bagian dari identitas masyarakat yang harus terus dilestarikan.

Adapun acara inti pengajian diisi oleh KH Muhlasin dari Cilacap Timur, dalam ceramahnya menyampaikan bahwa betapa pentingnya kita untuk meningkatkan ketakwaan dalam kehidupan sehari-hari. 

"Dengan takwa yang kuat, setiap individu akan mampu menghadapi berbagai tantangan hidup dengan lebih baik, mari kita tingkatkan iman dan takwa kita," terangnya. 

Menurut KH Muhlasin, taqwa adalah kunci kebahagiaan dan kesuksesan dunia akhirat. Melalui ibadah dan kebaikan kepada sesama umat manusia, dia juga mengajak untuk memaknai budaya lokal sebagai warisan yang harus dilestarikan.



"Karena budaya adalah identitas suatu bangsa yang tidak boleh dilupakan, dengan memahami dan menghargai budaya, masyarakat dapat membangun karakter yang kuat dan bersatu dalam keberagaman" ujarnya. 

Lebih lanjut Kades Tohirin mengungkapkan, acara tasyakuran kali ini menjadi momentum penting bagi warga Desa Klumprit untuk berkumpul, berdoa bersama, dan mempererat tali silaturahmi. 

"Selain sebagai wujud rasa syukur atas nikmat yang diberikan, kegiatan ini juga menjadi sarana untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya takwa dan budaya dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya. 

Kades Tohirin berharap dengan suksesnya penyelenggaraan acara ini,masyarakat Desa Klumprit semakin kompak dan solid dalam menjalani kehidupan bermasyarakat. 

"Acara Tasyakuran ini tidak hanya menjadi ajang pertemuan dan doa bersama, tetapi juga menjadi wadah untuk menguatkan nilai-nilai agama dan budaya yang menjadi pondasi kuat bagi kemajuan desa'' pungkas Tohirin. (shlh).