Sekda Banyumas Buka TMMD Sengkuyung Tahap III 2024 Kodim 0701/Banyumas

Laporan jurnalis FJ








Banyumas (Faktajurnal.com) - Sekretaris Daerah Kabupaten Banyumas Agus Nur Hadie membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap lII Tahun Anggaran 2024 Kodim 0701/Banyumas Desa Suro, Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas dilapanngan desa setempat. 

Pembukaan TMMD yang mengusung tema "Darma Bhakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan Di Wilayah" Ketua DPRD Kabupaten Banyumas, Forkopimda dan undangan lain serta peserta upacara kurang lebih 1000 orang dari unsur TNI, Polri, Salpol PP, Damkar, BPBD, Damkar, Basarnas, Linmas, Pelajar dan organisasi masyarakat. 

Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekda Banyumas Agus Nur Hadie mengatakan bahwa TMMD meneguhkan kembali semangat gotong royong . Menurutnya TMMD telah menyajikan karya nyata yang memberikan kemaslahatan bagi masyarakat desa. Berbagai pembangunan sarana prasarana yang menunjang aktivitas sehari-hari, satu per satu sudah bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.  



“Melalui program ini pula kita bersama-sama mengatasi persoalan-persoalan yang ada di Kabupaten Banyumas pada umumnya dan Kecamatan Kalibagor khususnya, seperti pengentasan kemiskinan ekstrim, perbaikan infrastruktur-infrastuktur yang rusak, dan hal lain yang perlu kita benahi,” katanya. 

Agus menambahkan bahwa, semua pihak pada prinsipnya ingin masyarakat Kabupaten Banyumas sehat dan sejahtera dan menjadi yang maju dan mandiri dengan tetap mempertahankan kearifan lokal yang dimiliki. 

“Dengan gotong royong saya yakin apapun pekerjaannya akan menjadi lebih ringan. Dan ketika seluruh pihak ikut terlibat, pasti nantinya mereka akan ikut merasa memiliki, sehingga timbullah rasa untuk menjaganya. Semoga infrastruktur yang akan dibangun nantinya bisa dikerjakan dengan sebaik mungkin, sehingga membuahkan output yang tepat guna, manfaat dan menambah kenyamanan sekaligus memperlancar mobilitas warga,” lanjutnya.



Sementara Dandim 0701/Banyumas Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama mengatakan TMMD kali ini memiliki sasaran pokok berupa  permbangunan jalan rabat beton panjang 1525 Meter X Lebar 3 Meter X Tinggi 0,15 Meter dengan sasaran tambahan pembangunan talud di 3 titik, pemugaran RTLH 3 Unit masing-masing 1 unit dari Baznas Kabupaten Banyumas dan  2 unit dari BPR BKK Purwokerto.

“Selain itu ada sasaran non fisik berupa penyuluhan dari Dinas instansi terkait sesuai jadwal yang dibuat oleh Dinkominfo selaku koordinator sasaran Non Fisik,” katanya. 

Dandim menambahkan bahwa kegiatan TMMD selain melakukan pembangunan fisik dan non fisik, juga memiliki  tujuan mewujudkan kemanunggalan, kebersamaan, serta rasa kekeluargaan antara TNI dan seluruh komponen masyarakat, dalam membangun desa menuju kemandirian desa dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. (**).