Peninjauan Kerja Komisi A DPRD dan Disdukcapil Kabupaten Cilacap di Desa Karangnangka

Jurnalis FJ sae 








Cilacap,Faktajurnal.com - Komisi A DPRD bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cilacap mengadakan peninjauan kerja di Desa Karangnangka, Kecamatan Binangun. Kegiatan ini,bertujuan untuk mengevaluasi dan memperbaiki layanan kependudukan dan pencatatan sipil di wilayah tersebut, pada Kamis (27/6/2024).

Dalam sambutannya, Disdukcapil Cilacap menyampaikan harapannya agar desa-desa dapat berkolaborasi lebih aktif.

"kami belum bisa hadir satu persatu di 269 desa, namun 15 kelurahan sudah kami datangi," terangnya. 

Ia juga menekankan pentingnya kerjasama dengan perangkat desa, khususnya RT dan RW, untuk mengajak warganya menghadiri pelayanan pada 3 Juli 2024 di Pendopo Kecamatan Binangun, masalah lain yang diangkat adalah undangan bagi warga yang sudah meninggal. 

"Banyak warga yang sudah meninggal tapi masih mendapat undangan karena belum ada laporan kematian resmi dari keluarga, Ia juga mengimbau agar masyarakat segera mendaftarkan akta kematian baik yang baru maupun yang lama untuk memperbaharui data kependudukan," jelasnya.

Tofik Urohman,selaku,Wakil komisi A, dari partai,PPP, dalam sambutannya menyoroti dampak sosial terhadap anak-anak. Ia menekankan pentingnya pengawasan orang tua terhadap anak-anak mereka.

"Anak-anak kita sering disuruh ngaji, tapi kita harus pastikan mereka mengerti dan tidak mengalami tekanan," katanya. 



Ia juga menyoroti masalah bullying di sekolah yang harus diatasi bersama oleh masyarakat dan pihak sekolah.

Sitam, S.Sos., Sekretaris Camat Binangun, menyampaikan bahwa Kecamatan Binangun menjadi proyek percontohan dalam pelayanan kependudukan. 

"Meski menjelang Pilkada, situasi di Kecamatan Binangun tetap kondusif, ia juga melaporkan bahwa jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kecamatan Binangun adalah 53.271 dengan partisipasi warga memilih," ujarnya.

Purwati, Kepala Desa Karangnangka, menyampaikan gambaran umum tentang jumlah penduduk Desa Karangnangka adalah 401 jiwa laki-laki dan 419 jiwa perempuan pada tahun 2023.

"Jumlah pemilih pada Pemilu kemarin adalah 79 % dafar hadir  menjadikan Desa Karang Nangka salah satu desa terkecil di Kabupaten di Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap," ungkapnya.

Lebih jauh Purwati, menyampaikan bahwa acara peninjauan kerja ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan kependudukan dan pencatatan sipil di Desa Karangnangka.

"Serta mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam proses administrasi kependudukan," pungkasnya. (Slh)